Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Prof. Dr. Gustan Pari, BSc. Dipl.IV, M.Si
NIP : 19620802 198603 1 003
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 2-8-1962
Alamat : Taman Pagelaran Blok G. 14/09 Ciomas, Bogor.
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : gustanp@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Kimia Kayu
Disiplin Ilmu : Kimia
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol. IV/e
Info Karir

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1985. Pada Tahun 1986 menjadi CPNS. Pada Tahun 1987 diangkat sebagai pegawai negeri sipil dengan pangkat teknisi. Pada Tahun 1990 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan dengan subyek Penelitian Kimia Kayu. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama dan sudah dikukuhkan sebagai Profesor Riset pada Tahun 2010.

Lulus pada Tahun 1983 dari Akademi Kimia Analisis Bogor, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Jurusan Kimia Analitik, Bandung pada Tahun 1989. Lulus Sekolah Pascasarjana Magister Sains ITB, Bandung Jurusan Kimia pada Tahun 1995 dan lulus Sekolah Pascasarjana Doktor IPB, Jurusan Ilmu Pengetahuan Kehutanan bidang Teknologi Hasil Hutan pada Tahun 2004.

Penelitian yang dilakukan sejak 1990 yaitu bidang Teknologi Hasil Hutan dengan Keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam penelitian bidang Kimia Kayu, antara lain Penelitian Pembuatan dan Pemanfaatan arang aktif  sebagai Reduktor Emisi Formaldehida Kayu Lapis, Pembuatan arang aktif  dari serbuk gergaji sengon untuk menjernihkan air, Pembuatan arang aktif dari kayu karet untuk bahan pemurni minyak daun cengkeh, Pembuatan dan kualitas arang aktif dari Kayu Sengon sebagai bahan Adsorben, Sifat dan kualitas arang aktif dari gambut, Pengaruh umur kayu mangium terhadap kualitas arang aktif, Pola Pengembangan Industri Arang Aktif, Teknologi Alternatif Pemanfaatan Limbah.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Cookstove production pada Tahun 1988 di Thailand, Charcoal Technology & wood (bamboo) Vinegar Utilization di Myanmar Tahun 1995, Studies on the growth rate analysis and wood formation of fast-grown trees in tropical regions pada Tahun 1998 di Jepang, Application technology for charring and charcoal tahun 2003 di Jepang

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 160 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam Jurnal/Buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik Jurnal nasional maupun internasional.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )