Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Dr. Ir. Ignasia Maria Sulastiningsih, M.Sc.
NIP : 19600731 198501 2 001
Tempat/Tanggal Lahir : Banyuwangi, 31 Juli 1960
Alamat : Taman Pagelaran Blok G V No 10 Ciomas, Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : tsulastiningsih@yahoo.co.id
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Produk Majemuk
Disiplin Ilmu : Kehutanan
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol. IV/e
Info Karir

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1983. Sebagai CPNS sejak Tahun 1985. Pada Tahun 1988 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek utama Produk Majemuk.  Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama.

Gelar Sarjana Kehutanan diperoleh pada Tahun 1982 dari Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor. Pada Tahun 1989 gelar Master Sains diperoleh dari Universiti Pertanian Malaysia, Serdang Selangor, Malaysia. Pada saat ini sedang menyelesaikan pendidikan S3 (Doktor) sejak Tahun 2009 di IPB dibidang Teknologi Serat dan Komposit melalui program Research School Badan Litbang Kehutanan.

Penelitian yang dilakukan sejak 1986 yaitu bidang Teknologi Hasil Hutan dengan keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam bidang Produk Majemuk. Penelitian yang telah dilakukan berkaitan dengan Teknologi Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu untuk Produk Majemuk mencakup Kayu Lapis, Papan Blok, Venir Lamina, Papan Partikel, Papan Mineral , Bambu Komposit dan Perekat.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: Furniture Finishing di Kualalumpur Malaysia pada Tahun 1989, Radition Curing Training pada Tahun 1990 di Jakarta, Management of Forest  pada Tahun 1991 di Garpenberg, Swedia, JSPS Program pada Tahun 1996 di Kyoto, Jepang, Training bambu pada Tahun 2002 di Hangzhou, Cina, Developing Project Proposal pada Tahun 2002 di Bogor, dan Training bambu di Lin’an, Anji, Cina pada Tahun 2005. Selain itu pernah juga mengikuti seminar, simposium, konferensi dan kunjungan antara lain ke Perancis, Selandia Baru, Amerika Serikat, Australia, Italia dan Thailand.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan sekitar 90 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik nasional maupun internasional.

KR titin1

KR Titin2

KR Titin3

KR Titin4

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )