Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Ir. Jamal Balfas, M.Sc.
NIP : 19580604 198603 1 005
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 4 Juni 1958
Alamat : Rasamala, Padasuka, Ciomas Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : jamalbs2000@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Pengolahan Kayu
Disiplin Ilmu : Kehutanan
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol. IV/e
Info Karir

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1984. Sebagai CPNS sejak Tahun 1986. Pada Tahun 1989 – sekarang menjadi peneliti di bidang Pengolahan Hasil Hutan dengan subyek penelitian utama Pengolahan Kayu. Jabatan fungsional saat ini sebagai Peneliti Utama.

Gelar Sarjana Kehutanan (Teknologi Hasil Hutan) diperoleh pada Tahun 1983 dari Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor. Pada Tahun 1993 Gelar Master of Science diperoleh dari ANU, Canberra, Australia

Penelitian yang dilakukan sejak 1989 yaitu bidang Teknologi Hasil Hutan dengan keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam penelitian Bidang Pengolahan Kayu. Penelitian yang pernah dilakukan antara lain pemanfaatan limbah batang sawit untuk produk solid dan panel kayu lapis.

Pelatihan dan kegatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: Sawmilling pada tahun 1986 di Rotorua, New Zeland, Moulding pada Tahun 1988 di Singapura serta Quality Control pada Tahun 1988 di Malaysia.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 39 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )