Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Santiyo Wibowo, STP., M. Si.
NIP : 19730824 199903 1 003
Tempat/Tanggal Lahir : Telukbetung, 24 Agustus 1973
Alamat : Perum Villa Ciomas Indah Jl. Cenderawasih III Blok K.5 No. 16 Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : santiyowibowo1973@yahoo.co.id
Jabatan Fungsional : Peneliti Madya
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : HHBK dan Bioenergi
Disiplin Ilmu : Teknologi Hasil hutan
Pangkat/Golongan : Pembina, Gol. IV/a
Info Karir

 

Mulai bekerja di Kanwil Dephutbun Prop. Sumut pada Dinhut Dati I. Sumut di Medan pada Tahun 1999 sebagai CPNS.  Pada tahun 2000 diangkat menjadi PNS.  Pada Tahun2002 mutasi dari PNS Prop. Sumut di Dinhut Prop. Sumut menjadi PNS Pusat Dephut di Balai Penelitian Kehutanan Aek Nauli sebagai calon Peneliti.  Pada bulan Desember 2006 mengikuti Diklat Peneliti di LIPI dan pada Tahun 2007 menjadi Peneliti Pertama di BPK Aek Nauli.  Tahun 2011 mutasi ke Pusat Litbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan Bogor, sampai sekarang menjadi peneliti di bidang Hasil Hutan Bukan Kayu, dengan subyek penelitian bioenergi.  Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Muda.

Gelar sarjana Teknologi Pertanian diperoleh Tahun 1997 dari Universitas Lampung. Pada Tahun 2009 memperoleh gelar Magister Sains (M.Si) Ilmu dan teknologi Hasil Hutan dari Institut Pertanian Bogor.

Penelitian yang dilakukan sejak 2002 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian Hasil Hutan Bukan Kayu dalam penelitian bidang HHBK dan Bioenergi antara lain penelitian Teknik peningkatan rendemen gambir di Sumatera Utara, Kajian pengolahan gula aren di Sumatera Utara,  kajian pengusahaan kulit kayu medang landit, Teknologi pengolahan  biodiesel jarak pagar.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain : Pelatihan Pemahaman, Dokumentasi dan Audit Internal ISO 17025: 2000 pada Tahun  2004, Diklat Fungsional Peneliti Tingkat Pertama  pada Tahun 2006, Pelatihan Teori Dasar, Operasional, Pengukuran, Analisis dan Aplikasi alat HFM 436 dan LFA 447, pada Tahun 2009, Pelatihan Teori Dasar, Operasional, Pengukuran, Analisis dan Aplikasi alat Carl Zeiss SEM EVO 50 Tahun 2009.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 22 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding.

 

 

 

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )