Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Dra. Sri Komarayati
NIP : 19550917 198903 2 001
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 17 - September - 1955
Alamat : Villa Pasir Mas Blok E/1 Pasirkuda, Bogor.
Unit Kerja : Kelompok Peneliti Pengolahan Kimia Energi dan Hasil Hutan Bukan Kayu
Email : srikomp3hh@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan Kayu dan Bukan Kayu
Bidang Penelitian : Bioteknologi, Lingkungan dan Pengolahan Hasil Hutan
Disiplin Ilmu : Biologi
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol IV/e
Info Karir

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1985. Pada Tahun 1989 menjadi CPNS. Pada Tahun 1990 - sekarang menjadi peneliti di bidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian Bioteknologi, lingkungan dan pengolahan hasil hutan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama. Gelar sarjana jurusan biologi diperoleh dari Universitas Padjajaran Tahun 1983.

Penelitian yang dilakukan sejak 1990 yaitu bidang Teknologi Hasil Hutan dengan keahlian Pengolahan Hasil Hutan dalam penelitian bidang Bioteknologi, Lingkungan dan Pengolahan Hasil Hutan, antara lain penelitian pembuatan kompos dan arang kompos dari limbah kehutanan dan limbah industry, pembuatan bioetanol dari empulur sagu, pengolahan dan pemanfaatan limbah lignoselulosa, pembuatan gas bio dari limbah/sampah kota dan eceng gondok, pembuatan dan pemanfaatan pupuk organic dari limbah industry pulp dan kertas, pembuatan, pemanfaatan, aplikasi arang, arang kompos dan cuka kayu pada tanaman, pemanfaatan sisa media tumbuh jamur tiram untuk arang kompos bioaktif, produksi terpadu arang dan cuka kayu yang dihasilkan dari dua model tungku, arang bamboo: kualitas, pemanfaatan dan prospek, produksi cuka kayu hasil modifikasi tungku arang terpadu, arang kompos bioaktif dari limbah kulit kayu dan limbah padat industry pulp dan kertas.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Penyegaran penyusunan proposal penelitian dan teknik presentasi selama 2 hari Tahun 2005. Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 58 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )