Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Wesman Endom, BSc, M.Sc.
NIP : 19540327 198101 1 001
Tempat/Tanggal Lahir : Subang, 27-03-1954
Alamat : Komp. Griya Indah Jl. Griya Indah Raya No. 37 Ciomas, Bogor
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : wesmanendom@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Keteknikan dan Pemanenan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Eksploitasi hutan
Disiplin Ilmu : Kehutanan
Pangkat/Golongan : Pembina Utama Madya, Gol. IV/d
Info Karir

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) pada tahun 1981 sebagai CPNS sebelumnya honorer pada tahun 1979. Pada tahun 1982 - sekarang menjadi peneliti di bidang Hasil Hutan Bukan Kayu, dengan subyek penelitian Eksploitasi hutan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Madya.

Lulus Diploma IV dari Diploma of the Postgraduated Course in Forest Survey, International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC) Belanda tahun 1987 yang sebelumnya lulus Sarjana Muda Ilmu Kehutanan dari Akademi Ilmu Kehutanan Bandung tahun 1977. Master of Science in Forest Survey, International Institute for Aerospace Survey and Earth Science (ITC) Belanda diperoleh tahun 1990.

Penelitian yang dilakukan sejak 1990 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian Keteknikan dan pemanenan hasil hutan dalam penelitian bidang Eksploitasi hutan, antara lain penelitian pengeluaran kayu dari petak tebang dengan sistem kabel layang.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Training di Korea Selatan tahun 1994 tentang fusibility study on small diameter log resource development in Jambi, training pada tahun 2000 bidang forest health monitoring: Criteria and indicators for tropical rain forest di Biotrop Bogor.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 55 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional. 

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )