Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Yuniawati, S.TP., M.Si.
NIP : 19760606 200312 2 003
Tempat/Tanggal Lahir : Bengkulu,06-06-1976
Alamat : Jl. Jabaru III Rt. 01/10 Pasir Kuda Bogor.
Unit Kerja : Kelompok Peneliti Keteknikan Hutan dan Pemanenan Hasil Hutan
Email : yunia_las@yahoo.co.id
Jabatan Fungsional : Peneliti Madya
Bidang Kepakaran : Keteknikan dan Pemanenan Hutan
Bidang Penelitian : Keteknikan kehutanan dan pemanenan hasil hutan
Disiplin Ilmu : Ilmu Pengelolaan Hutan
Pangkat/Golongan : Pembina, Gol. IV/a
Info Karir

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) pada tahun 2003 sebagai CPNS. Pada tahun 2005 - sekarang menjadi peneliti di bidang Keteknikan dan pemanenan hasil hutan, dengan subyek penelitian Keteknikan kehutanan dan pemanenan hasil hutan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Calon Peneliti.

Gelar Sarjana Teknologi Pertanian diperoleh tahun 2000 dari Institut Pertanian STIPER (Instiper) Yogyakarta. Gelar Magister Sains (M.Si) Ilmu Pengelolaan Hutan dari Institut Pertanian Bogor diperoleh tahun 2011.

Penelitian yang dilakukan sejak 2005 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian Keteknikan dan pemanenan hasil hutan dalam penelitian bidang Keteknikan kehutanan dan pemanenan hasil hutan, antara lain penelitian peningkatan produksi penebangan hutan tanaman, teknik pemanenan Hutan Ramah Lingkungan (RIL) di hutan tanaman rawa gambut, pemanenan ramah lingkungan di hutan lahan basah, kajian luas petak tebang optimal di hutan tanaman lahan basah.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain :

Ekspose hasil-hasil litbang hasil hutan tahun 2004 di Bogor, seminar hasil penelitian hasil hutan tahun 2005 di Bogor, seminar perpustakaan digital dan pemanfaatannya bagi litbang kehutanan tahun 2005 di Bogor, seminar nasional teknologi mendukung industri hijau kehutanan tahun 2011 di Bogor.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 52 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding nasional.

 

 

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )