Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Nur Adi Saputra, A.Md., S. Hut., M.S.
NIP : 19800124 200912 1 002
Tempat/Tanggal Lahir : Kuningan, 24 Januari 1980
Alamat : Sindangbarang Pilar, Bogor
Unit Kerja : Kelompok Peneliti Pengolahan Kimia Energi dan Hasil Hutan Bukan Kayu
Email : nadisaputra@gmail.com
Jabatan Fungsional : Calon Peneliti
Bidang Kepakaran : Pengolahan Kimia dan Energi Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Pengolahan Kimia dan Energi Hasil Hutan
Disiplin Ilmu : Forest Resources and Ecological Restoration
Pangkat/Golongan : Penata Muda/ IIIb
Info Karir

Masuk menjadi CPNS Kementerian Kehutanan pada tahun 2009 dari jalur seleksi umum. Jabatan sampai tahun 2017 adalah Penyusun Rencana dan Program Kehutanan pada Bagian Program dan Kerjasama, Sekretariat Badan Litbang. Tahun 2017 mutasi menjadi Calon Peneliti dengan minat penelitian pada bidang Energi Hasil Hutan. Selama bertugas di Sekretariat Badan Litbang Kehutanan pernah menjadi tim Pengarusutamaan Gender Kementerian Kehutanan, Pemantapan Pengelolaan KHDTK lingkup Badan Litbang Kehutanan dan Tim Monitoring dan Evaluasi Bakti Rimbawan.

Menempuh pendidikan Diploma III jurusan Konservasi Sumberdaya Hutan, Institut Pertanian Bogor angkatan 1999/2000. Gelar Sarjana Kehutanan didapat dari Universitas Winayamukti dengan Skripsi Preferensi Pemilihan Badak terhadap Kubangan. Melanjutkan pendidikan Master di Yeungnam University pada jurusan Forest Resources and Ecological Restoration sampai Februari 2016.

Beberapa kegiatan pelatihan yang pernah diiukuti adalah (1) Pelatihan Penyusunan Program Pengurangan Emisi Karbon Hutan berbasis Masyarakat melalui Mekanisme Sukarela (2) Participant on Biochemical Engineering and Biotechnology as part of World Class Prfessor Scheme Program dan (3) Workshop Kalibrasi Peralatan Lingkungan. Beberapa Karya Tulis Ilmiah adalah (1) Pemapar Valuing Ecotourism with an Application of Individual Travel Cost Method (2) Forpro: Pelet Kayu sebagai Sumber Energi Terbarukan (3) Forest Digest: Pelet Kayu: Sumber Energi dari Masa Depan dan (3) Forest Digest: Produksi Bioetanol Menggunakan Mesin Hasil Rekayasa. Peneliti pernah mengikuti Action Plan Contest di Korea dan mendapatkan peringkat ketiga.

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )