Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Abdurachman, ST
NIP : 19600509 198203 1 004
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 9 Mei 1960
Alamat : Villa Ciomas Indah Blok Q. 16/22 Rt.03/11 Ciomas, Bogor.
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : man_p3hh@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Madya
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Komposit dan Rekayasa Kayu
Disiplin Ilmu : Teknik Sipil
Pangkat/Golongan : Pembina, Gol. /IVa
Info Karir
Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Pertanian) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1981. Sebagai CPNS sejak Tahun 1982 dengan jabatan sebagai Asisten Teknisi Litkayasa. Pada Tahun 2002 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian utama komposit dan rekayasa kayu. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Muda. Gelar Sarjana Teknik Sipil diperoleh pada Tahun 2000 dari Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, Bogor.

Penelitian yang dilakukan sejak 2002 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang komposit dan rekayasa kayu, antara lain penelitian sifat dasar fisik dan mekanik kayu maupun non kayu (rotan, bambu, sawit). Penelitian yang lainnya adalah teknologi pembuatan rumah kayu sistem knockdown, merekayasa mesin kempa dingin untuk pembuatan glulam lurus maupun lengkung, penelitian teknologi pembuatan glulam struktural, penelitian teknologi pembuatan girder profil I (I-Beam) dari kayu HT/HTI untuk bekisting cetakan beton dan konstruksi bangunan besar. Selain itu juga melakukan penelitian teknologi pembuatan produk bambu untuk komponen stuktural dan penelitian teknologi pemanfaatan limbah industri kayu dan plastic sebagai bahan pembuatan papan partikel.

 

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: Saw Doctoring pada Tahun 1985 di Bogor, In-House Training pada Tahun 2001 di Bogor serta International Workshop on Timber Structur the Utilization of Low Dencity Structural Material Tahun 2005 di Bandung.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 28 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )