Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Prof. Dr. Drs. Adi Santoso, M.Si.
NIP : 19580705 198903 1 007
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 5 Juli 1958
Alamat : Jl. Raya Sindangbarang 432/23
Unit Kerja : Puslitbang Hasil Hutan
Email : asanto10@yahoo.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Pengolahan Hasil Hutan
Bidang Penelitian : Perekat dan Perekatan
Disiplin Ilmu : Kimia
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol IV/e
Info Karir
Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak tahun 1986. Pada tahun 1989 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan dengan subyek penelitian utama perekat dan perekatan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama dan pada tanggal 25 Oktober 2011 dikukuhkan sebagai Profesor Riset.

Gelar Sarjana Kimia diperoleh pada tahun 1986 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Padjadjaran Bandung. Pada Tahun 1994 gelar master Ilmu Pengetahuan Kehutanan (IPK) diperoleh dari Institut Pertanian Bogor. Gelar Doktor diperoleh pada tahun 2003 di bidang IPK dari IPB. 

Penelitian yang dilakukan sejak 1986 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang produk majemuk. Penelitian yang telah dilakukan antara lain tentang perekat tannin dan lignin. Selain sebagai peneliti juga diminta sebagai pengajar dan pembimbing mahasiswa dibeberapa perguruan tinggi seperti Sekolah Pasca Sarjana IPB Bogor, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Peternakan IPB Bogor, Fakultas MIPA program studi Kimia UNB Bogor, program studi Kimia Sekolah Tinggi MIPA Bogor, Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor, Direktorat Program Diploma program studi Analis Kimia – IPB Bogor, Fakultas MIPA Jurusan Kimia Murni ITB Bandung, Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon Mandiri-Cilegon dan Fakultas Kehutanan Universitas Winayamukti, Jatinangor.
 
Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain: Plywood technician di Bogor pada tahun1988, furniture finishing training pada tahun 1989 di Kuala Lumpur, dan Wood Industry Technology training pada tahun 1996 di Kuala Lumpur.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 130 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.
Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )